Jumat, 08 November 2019

ALAT DAN BAHAN EMERGENCY DI KLINIK GIGI

A. Alat Emergency di Klinik Gigi
      1.      Tabung oksigen
Tabung oksigen sebagai alat bantu bagi penderita yang mengalami gangguan pernafasan.
      2.      Radiografi panoramik
Radiografi panoramik adalah salah satu foto rontgen yang digunakan dalam kedokteran gigi untuk mendapatkan gambar gigi dan jaringan lunak disekitarnta.
      3.      Bleeders margin gigi
Bleeders margin gigi adalah keadaan perdarahan yang disebabkan oleh kempuan pembuluh darah, platelet dan faktor koagulasi pada sistem hemostatis.
4.      Computerized tomography (CT)
Computerized tomography (CT) adalah untuk menegakkan diagnosis, rencana perawatan, prognosis, serta untuk mengevaluasi perawatan pasien.
5.      Foto rontgen gigi
6.      Rontgen gigi adalah prosedur medis untuk mengambil gambar bagian dalam mulut menggunakan cairan radiasi
7.      Magnetic resonance imaging (MRI)
Magnetic resonance imaging (MRI) adalah pemeriksaan yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh .
8.      Pulpotomoi atau pulpektomi.
Pulpotomoi atau pulpektomi adalah suatu usaha menyelamatkan gigi terhadap tindakan pencabutan agar gigi dapat bertahan dalam soket.

        B. Bahan Emergency di Klinik Gigi
1.      Gas oksigen
Fungsi gas oksigen:
a.       Untuk menggerakkan sistem pernapasan
b.      Membantu sistem peredaran darah
c.       Memaksimalkan daya ingat
d.      Mencegah peraturan sel kanker
e.       Membantu pikiran lebih tenang
2.      Larutan glukosa oral / tablet / gel / bubuk.
Larutan lukosa oral adalah tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan zat gula (glukosa) yang berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh.
3.      Injeksi Glucagon 1mg IM.
Injeksi glucagon 1mg Im adalah obat ini diberikan dapa saat penderita hipoglekimia atau penurunan kadar gula darah yang menggunakan insulin suntuk.
4.      Salbutamol aerosol inhaler (100 mikrogram / aktuasi).
Salbutamol aerosol inhaler (100 mikrogram / aktuasi) adalah digunakan untuk mengobati penyakit pada saluran pernapasa seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik.
5.      Injeksi Adrenalin IM (1: 1.000, 1mg / ml).
Injeksi Adrenalin IM (1: 1.000, 1mg / ml). Adalah diberikan pada saat tindakan resusitasi jantung paru pada pasien yang mengalami henti jantung dan henti nafas. Untuk mengobati reaksi alergi yang dapat membahayakan nyawa yaitu shock anafilatik.
6.      Glyceryl trinitrate (GTN) sublingual semprotan (400 mikrogram / dosis).
Glyceryl trinitrate (GTN) sublingual semprotan (400 mikrogram / dosis). Adalah untuk mengurangi nyeri dada atau anggina. Disemprotkan dibawah lidah pada saat nyeri dada. Nyeri dada dapat semakin terasa bila bagian dari otot jantung penderita tida mendapatkan darah dan oksigen sesuai dengan yang dibutuhkan.
7.      Aspirin dispersible (300mg).
Aspirin dispersible (300mg) adalah obat untuk mengurangi rasa sakit atau demam.
8.      Midazolam 5mg / ml atau 10mg / ml (bukal atau intranasal)
Midazolam 5mg / ml atau 10mg / ml adalah digunakan pada anak-anak sebelum prosedur atau dilakukan anestesi untuk mengatasi rasa cemas.
9.      Gel fluoride atau desentitizer
Gel fluoride atau desentitizer adalah bentuk florida yang sangat terkonsentrasi yang diterapkan pada permukaan gigi.
10.  Metronidazole 250 (200) mg.
Metronidazole 250 (200) mg. Adalah obat antibiotik untuk mengobati infeksi, obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan berbagai bakteri dan parasit.
11.  Asiklovir 5 mg/kg
Asiklovir 5 mg/kg adalah merupakan salah satu obat anti virus obat ini digunakan terutama untuk pengobatan infeksi virus herpes simpleks, cacar air dan herpes zoster.
12.  Herpes labialis
Herpes labialis adalah kondisi yang juga disebut herpes simpleks-1 atau HSV-1. Ini adalah kondisi infeksi yang menyerang mulut, bibir, atau gusi yang disebabkan oleh virus herpes.
13.  Injeksi anestesi lokal
Injeksi anestesi lokal adalah menghentikan kerja saraf untuk sementara sehingga anta tidak merasa sakit.
14.  Aspirasi jarum suntik 3-10 cc
Aspirasi jarum suntik 3-10cc merupakan suatu metode atau tindakan pengambilan sebagian jaringan tubuh manusia dengan suatu alat aspirator berupa jarum suntik yang bertujuan untuk membantu diagosis berbagai penyakit tumor.
15.  Jarum suntik gigi steril atau standar 3-5cc kunci luer dan jarum 26 gauge dapat digunakan untuk mendapatkan blok injeksi
16.  Irigator tekanan atau lavage jet air sangat berguna untuk luka yang sangat terkontaminasi.
17.  Povidane-yodium
Providane-yodium adalah obat luar yang berfungsi sebagai antiseptik yang umum digunakan untuk membersihkan serta membunuh bakteri, jamur, dan virus pada daerah kulit, yang terdapat pada luka.
18.  Jarum swagged adalah yang paling umum di indonesia gunakan tetapi jarum terlepas terkontrol, dapat digunakan untuk satu jahitan saat melepas jarum dengan mudah.
19.  Ibuprofen 600 mg
Ibuprofen 600 mg adalah obat yang berfungsi untuk meredakan nyeri berbagai kondisi seperti dakit kepala, sakit gigi.
20.  Diazepam 5 mg
Diazepam 5mg adalah suatu jenis obat benzodiazepine yang dapat mengaruhi sistem saraf otak dan memberikan efek penenang, obat ini digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan.
21.  Lidokain
                 Lidokain adalah digunakan untuk menghilakan rasa sakit atau memberi efek mati rasa pada bagian tubuh tertentu untuk sementara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar