Sabtu, 09 November 2019

PENGGUNAAN SIWAK DALAM KEBERSIHAN GIGI

     
       Siwak dalam segi bahasa memberi dua makna yaitu perbuatan melakukan berus dan makna kedua ialah alat yang digunakan untuk bersiwak. Manakala dari segi istilah fuqaha siwak bermakna membersihkan mulut dan gigi dengan menggunakan alat penggosok atau seumpamanya karena menghilangkan kotoran pada gigi (Al-Nawawi, 2002)
     Siwak merupakan bagian dari batang, akar atau ranting tumbuhan Salvadora Persica yang telah digunakan sebagai alat pembersih gigi dan mulut sejak 7000 tahun yang lalu. Siwak memiliki kandungan kimiawi dan beberapa mineral lainnya   yang membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi                                                                           dan gingiva.
        Siwak mempunyai kandungan yang sangat beragam dan bermanfaat bagi rongga mulut. Di dalam siwak mengandung trimethylamine, salvadorine, chloride, flouride, silica, sulphur, minyak mustard, vitamin C, resins dan tannin. Salah satu kandungan siwak yang berguna untuk mencegah terjadinya plak gigi adalah trimethylamine (TMA), zat ini mudah larut dalam air dan berfungsi sebagai zat apung sehingga mampu mencegah endapan (deposit) partikel dan sisa-sisa makanan di rongga mulut khususnya di ruang antar gigi.
baca selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar