Sabtu, 09 November 2019

PLAK PADA GIGI

                                                             A. Pengertian Plak
     Plak berasal dari kata plague yang berarti lendir yang melekat pada permukaan gigi. dalam plak ini terdapat kuman-kuman dari ludah dan mulut. Plak ini tidak tampak bila dilihat sebab berwarna seperti kaca putih yang amat tipis ( Machfoedz, 2008)


B. Komposisi Plak
     Plak sebagian besar terdiri dari 80% air dan berbagai macam mikroorganisme yang berkembang biak dalam suatu maktriks interseluler yang terdiri atas polisakharida ektraseluler dan protein saliva. Sementara jumlah kumannya kurang lebih 250 juta per mg berat basah plak. Di dalam plak terdapat pula sel-sel epitel lepas, leukosit, partikel-partikel sisa makanan serta garam-garam anorganik terutama kalsium, fosfat dan flour. komposisi matriks interseluler dari plak terdiri dari polisakharida ekstraseluler yang dibentuk dari bakteri jenis tertentu di dalam plak yaitu dari streptococcus (Putri.dkk, 2010)


C. Faktor-Faktor Pembentukan Plak

  1. Lingkungan fisik yang meliputi anatomi dan posisi gigi
  2. Friksi atau gesekan makanan yang dikunyah ini hanya terjadi pada permukaan gigi yang tidak terlindungi.
  3. Pengaruh diet yaitu pengaruhnya secara fisik dan pengaruhnya sebagai sumber makanan bagi bakteri di dalam plak. Ternyata plak banyak terbentuk jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat jenis sukrosa.
D. Kontrol Plak
     Akumulasi plak dapat dicegah dengan pemeliharaan kebersihan mulut sehari-hari. Pengendalian akumulasi plak dapat dengan kontrol plak secara mekanis yaitu dengan menyikat gigi yang baik dan benar serta penggunaan benang gigi, kontrol plak secara kimiawi salah satunya aplikasi topikal bahan yang dapat mencegah perlekatan bakteri pada permukaan gigi dan mengatur pola makan.

E. Cara Mengukur Plak
     Ada beberapa cara untuk mengetahui nilai indeks plak yaitu sbb :
  1. Pengukuran kebersihan mulut menurut Podshadley dan Haley (Patient Hygiene Performance Index atau Index PHP)
  2. Pengukuran kebersihan mulut menurut Personal Hygiene Performance Modified (PHPM)
  3. Penilaian indeks plak menurut Turesky-Gilmore-Glickman dari Quigley-Hein 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar